Kuliner khas di Pulau Belitung

Traveling tidak puas rasanya jika belum mencicipi makanan local. Apalagi buat ibu-ibu seperti saya yang wajib bawa pulang oleh-oleh. Nah selama saya dan suami di Negeri Laskar Pelangi, saya mau berbagi pengalaman untuk kalian. Mungkin suatu saat akan mengunjungi Pulau Belitung. Disini kulinernya gak kalah banyak dan unik dari daerah lain.

  1. Kopi Belitung

Warung kopi di Belitung bisa ditemukan hampir di setiap tempat. Selalu penuh pula warungnya. Kopi yang ditawarkan bermacam menu, Kopi O atau kopi hitam, Kopi Susu, Teh susu, Coklat. Kopinya memang beda, kental dan tanpa ampas. Kopinya lumayan keras sih menurut saya, tapi ya harus coba. Biasanya ditemani telur setengah matang biasa dicampur garam dan lada. Kopi yang sudah kami coba Warung Kopi Kong DJie, Warung Kopi Ake di Tanjung Pandan. Warung kopi ATET di Kota manggar. Menunya hampir-hampir sama, harganya berbeda. Lokasi semua dipinggir jalan browsing pake google maps juga ketemu kok. Hehehe.

Kopi Belitung
  1. Mie Belitung Atep

Mie kuning disajikan dengan kuah kental yang khas, dikasih potongan kentang, udang, dan emping. Warung ini bisa ketemu di pusat kota dekat tugu. Di dindingnya banyak foto artis makan disitu. Hehehe. Lokasi rumah makannya sangat strategis, di tengah Kota Tanjung Pandan, dekat dengan tugu yang ada di tengah kota.

  1. Gangan

Ini yang wajib dicoba karena ga ada lagi di belahan dunia manapun. Gangan jenisnya ada yang ikan atau seafood. Kuah kental berwarna kuning, agak pedas. Enak sekali. Biasanya kita bisa menemukan makanan ini di beberapa restaurant di Tanjung Pandan.

Gangan di dalam batok kelapa
  1. Es Jeruk Kunci

Ini es jeruk khas minuman dari Belitong, katanya terbuat dari perasan jeruk purut. Segar. Tak lengkap rasanya makan tanpa minum es jeruk kunci. Apa itu es jeruk kunci? minuman yang dibuat dari jeruk purut yang umumnya digunakan sebagai bahan untuk bikin sambal.

  1. Seafood di Pulau Gede Kepayang

Kalau kalian sempat island hopping sih sebaiknya memang mencoba makanan di pulau ini. Selain suasananya yang nyaman, makananya super enak dan fresh. Mostly sih mereka menyediakan seafood. Seafood segar yang habis ditangkap di laut langsung dimasak.

 

Sekiranya itu 5 makan wajib yang harus dicoba di Belitung jika kalian hanya punya waktu yang tidak terlalu lama di Belitung.

Kalau untuk untuk Oleh-oleh saya sempat beli di BnB snack di Kota Tanjung Pandan. Aneka makanan dijual disana. Ada ikan asin, terasi, makanan ringan, merica belitong, sampai sirup jeruk kunci pun ada. Tersedia dus untuk dipackaging juga. Pokoknya mudah sekali berbelanja langsung di bungkus rapi siap naik pesawat.

Begitulah pengalaman saya di Belitong. Semoga bagi yang tertarik kesana bisa mencoba yang lebih. Serta membawa oleh-oleh yang banyak untuk keluarga dirumah ya. Selain kita menikmati daerahnya, pemandangannya, kita juga menikmati kuliner Indonesia.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *