Valentine’s Day in Singapore

Kalau ada banyak orang bilang valentine’s day adalah waktu yg tepat waktu yang tepat untuk merayakan hari kasih sayang iya banget. Tapi saya punya pengalaman berbeda nih waktu pergi berdua suami pas tanggal 14 februari 2015.

vdayspore
Photo by ADP

Jadi ceritanya seminggu sebelum pergi tiba-tiba ada yg sweet banget nanyain mau gak kita jalan ke singapore pas hari valentine. Romantis banget ya? yaudah kita pesen tiket deh tuh. Tapi berhubung waktu itu suami lagi sibuk-sibuknya bekerja saya dan saya juga lagi internship, oke lah pergi cuma 2 hari. Pas banget waktu itu hari sabtu minggu. Saya percayakan nih ke suami untuk masalah penginapan. Katanya nginep di hostel aja di Little India karena bla bla bla.

Sampailah di hari H, kita berdua naik Uber sampe ke Bandara Soekarno-Hatta. Sampai di terminal 3 ternyata perawatnya delay. Padahal kita bahkan udah buru-buru karena takut telat. dari jam 3 sore kita nunggu dan baru berangkat sekitar jam setengah 7. Suami gw udh cemberut aja, biasanya feeling dia udh ga bagus nih. Bener aja, kita sampe singapore, udah malem banget sekitar jam 9 malem. Gak persiapan peta offline, ga persiapan ngurus ke provider untuk pakai di luar negeri. Sampai di Changi Airport, kita naik train untuk sampai ke MRT terdekat di bandara itu juga. Naik jurusan Joo koon berhenti di stasiun transit City Hall lanjut arah Jurong East berhenti di Dhoby Gaut ganti arah ke Punggol. Berhenti deh di stasiun Little India.

Masalahnya begitu keluar dari permukaan kita gatau itu arahnya kemana untuk sampe ke hostel. Kanan kiri jalan terus akhirnya nanya ke hotel besar deket situ, dan petunjuknya pun ga jelas. berbekal peta kecil dari Agoda akhirnya setelah putus asa 2 jam muter-muter ketemu juga. Begitu lega baru sampe Hostelnya, ternyata udah tutup!! Kita gatau kalo hostel itu gak 24 jam resepsionisnya, jadi pelanggannya dikasih kartu untuk buka kunci pintu depannya. Semacam kos-kosan gitu lah. Jam menunjukkan pukul 11, rasanya pengen nangis soalnya yg ada di deket situ cuma club dengan wanita malamnya yg pada merokok di luar. Duh, sempet saya berpikir untuk pakai aja kartu kredit dan kita nginep di hotel yg pertama kita tanya. Tapi ratenya sekitar 4 juta semalem hahahaha. Gw terus-terusan usaha buat nelepon resepsionis hostel tempat kita nginep (padahal ga ada gunanya ya orang udah kosong jg hahaha).

Pas udah mau putus asa untuk kesekian kalinya ada warga jepang keluar dari hostel kita, dan akhirnya suami gw inisiatif ngobrol dan minta bantuan dia. Ternyata dia atlet jepang yang lagi kebetulan mau tanding, dia sekamar ber-6 lalu hanya berisi 4 orang. Nego-nego walaupun sempet dicurigain akhirnya kita diperbolehkan nginep. untungnya kasurnya masing-masing dan atas bawah. Yasudahlah lumayan bisa ngecharge HP dan mandi!!

Sebelum tidur kita sempet makan dulu, untung udh sempet bekal mcd dari Jakarta dan udh sempet beli minum di supermarket deket hostel. yang penting sepagi mungkin kita harus keluar dari situ.

by ADP

Pagi menjelang, kita keluar dan langsung menuju Melion Park naik MRT. Foto-foto sebentar di patung singa legendaris itu, kita berangkat ke Sentosa Island tempat Universal Studio. Keliling bentar, makan, terus jalan lagi deh ke Orchard Road. (ps: ini bukan perjalanan ke Singapore pertama gw, jadi gw udah tau banyak tempat atau spot pentingnya hehehe). Belanja sebentar, makan es krim yg dulu harganya 1 dolar sekarang udah 1,5 dollar heheh. Udah sampe jalan-jalan juga ke Gardens by the bay tapi salah jam, mestinya kesana pas magrib atau mau malem, jadi pemandangannya bagus.

vdayspore-3
Universal Studio Singapore

Terakhir kita coba naik bus dari orchard ke Changi Airport, ini nih lumayan asyik perjalanannya lama, santai, lebih lama dari naik MRT, tapi lebih murah costnya. Yang awalnya gw deg-degan takut duit di dalam kartu EZlink udh ga cukup buat bayar bus hahaha. Oiya disana sistemnya kalo naik kendaraan umum udah pake kartu yg bisa kita isi ulang ya. Dan naik bus costnya lebih murah dari MRT dan MRT lebih murah kalo lo naik TAXI. Pengalaman gw dulu pergi pas bareng nyokap sekali naik taxi bisa sampe 40 dollar, sedangkan naik bus cm habis sekitar 2 dollar hahaha. Sampai di Changi kita bisa minta password untuk free wifi dan makan di Burger king yang kata suami gw rasanya beda sama yg di jakarta hahahaha..

Ok, pesan gw buat yg baru pertama kali akan ke singapore:

1. Download peta offline dan peta MRT

2. Paket internet bisa dari provider lo atau beli disana (untuk perjalanan lebih dari sama dengan 3 hari)

3. Beli kartu EZ link dan isi secukupnya uang untuk transportasi.

vdayspore-4
Kartu isi ulang EZLink

4. Siapin tenaga karena disana kalo mau ke suatu tempat jalannya super jauh dari public transport.

5. Kalo mau makan murah lo cari aja sevel (seven eleven) tapi kalo di Spore, self service yaaaa ga kayak di jakarta yg bs dilayanin hehehe..

6. Untuk yg mau belanja di mall2 singapore kita punya keuntungan lebih karena struknya bisa kita tuker di bandara, dan ada pengembalian tax. Lumayan jadi bisa belanja lagi di toko yg free tax di Changi sambil nunggu di waiting room.